Thursday, August 24, 2017

STRATEGIKU LOLOS SNMPTN 2017

Hello, fellas. Welcome back to my blog haha. Di post kali ini aku mau sharing strategiku dalam menghadapi snmptn. Maaf sebelumnya aku sama sekali ga ada niat untuk pamer atau apa ya, aku di sini hanya ingin berbagi kepada pembaca khususnya untuk adik-adik nanti. Alhamdulillah, aku baru aja lolos snmptn tanggal 26 April kemaren di Institut Teknologi Bandung.


Jurusannya apa, den? SITH-S. Nah SITH ini kepanjangannya adalah Sekolah Ilmu Teknologi Hayati dan ada 2 macam, -R dan -S. Kalau -S itu yang sains (nanti lulusannya bergelar S.Si) dan yang -R itu Rekayasa (nanti lulusannya bergelar ST). Nah mau cerita kenapa aku pilih SITH? Karena aku pribadi lebih suka teori ketimbang praktek. Makanya aku sama sekali ga tertarik masuk teknik. Tapi jujur, sebetulnya aku lebih suka kimia daripada biologi dan sempet pengen pilih FMIPA. Tapi karena apa ya, kok takut aja gitu nanti pas penjurusan (FYI di ITB ga langsung masuk prodi, tapi fakultas dulu dan bakal ada Tahap Persiapan Bersama) nanti malah masuk fisika gimana. I hate physics haha.

Nah, jadi pas pendaftaran snmptn kemaren kan ada ranking parallel tuh dari pusat. Yaa aku ranking 11 gitu satu sekolah. Dan, aku hanya pilih 1 pilihan, yakni SITH-S ITB.

Jadi, kemaren aku punya strategi buay dapetin snmptn. Dan strategi ini udah aku siapin sejak aku kelas 11. Simak baik-baik ya hehe.



1. Ikut kompetisi/lomba dan menangkan!
Jadi buat kalian yang belum ngikutin blog aku, aku sempet ikut lomba projek sains tingkat nasional ISPO dan tingkat internasional ASPC. Dan, pas ISPO aku dan partnerku dapet medali perak, sementara pas ASPC kita cuman dapet juara harapan. Dan you know, sertifikat-sertifikat itu sangat membantu aku dan partnerku lolos snmptn. Nah untuk masalah whether bidang sertifikat lomba harus ada kaitannya dengan jurusan yang akan kamu ambil, I do really have no idea itu matters atau gak. Kebetulan bidang lomba yang sempet aku ikutin kan biologi-biologi gitu, jadi ya ada hubungannya sih sama SITH. Nah tapi, partner aku ngambil snmptn di UNY jurusan pendidikan matematika. Dannn, dia dapet. Jadi menurutku ini tergantung kebijakan masing-masing PTN kali ya hehe.

2. Give your best performance at school!
Nah, selalu berusaha untuk dapet nilai bagus kalau ulangan. Do your best! Dan cobalah untuk menaikkan grafik nilai. Soalnya nih pas kemarin, bakal diranking dulu satu satu sekolah. Kalau akreditasi sekolah kamu A maka yang diambil 50% siswa sekolahmu. Dan yang paling penting, usahakan dapetin nilai memuaskan di mata pelajaran yang di-UNkan seperti matematika, biologi, bahasa inggris, fisika, kimia, dan bahasa indonesia. Jadi sebelum kalian bisa ikut mendaftar snmptn, sekolah akan input nilaimu semua tapi yang akan diperhitungkan adalah mapel yang di-UNkan.

3. Atur strategi PTN mana yang akan kalian pilih.
Nah kan udah tau prodi apa yang mau kamu ambil, sekarang saatnya atur strategi ptn mana yang akan kamu ambil. Misalnya aku nih, kan aku pengen jurusan berbau biologi. Aku tulis beberapa PTN yang bikin aku interested terus aku tulis pros dan cons nya. Nah setelah mempertimbangkan PTN mana yang cons (kekurangan bagi aku) nya lebih dikit, lihat akreditasi jurusan yang akan kamu ambil di PTN itu. Karena bisa aja PTN tersebut terakreditasi A tapi beberapa prodi ada yang B bahkan C. Selain itu, lihat juga apa ada kakak kelas mu yang pernah lolos snmptn di PTN itu. Ini sih bagi aku merupakan hal yang bisa dijadikan pedoman. Kenapa aku ambil ITB? Selain SITH-S udah terakreditasi A, ada kakak kelasku yang pernah ikut lomba serupa dengan yang kuikuti lolos snmptn di situ. Jadi menurutku itu peluang yang cukup besar.

4. Pastikan teman satu sekolahmu tidak ada yang mengambil prodi yang sama denganmu.
Kenapa kok gitu? Soalnya bayangin aja, sebelum di seleksi secara nasional tentu panitia akan menyeleksi satu sekolah dulu dong. Paling gak ya 3 orang lah yang prodinya sama. Kalau misalnya ternyata cukup banyak temanmu yang ambil prodi yang sama, pastikan prestasi akademikmu lebih baik darinya atau kalau prestasimu di bawahnya, kamu punya pegangan sertifikat.

Nah jadi itu tips aku biar peluang kalian dapat SNMPTN lebih besar ya.. Good Luck! 
Kalau ada yang mau ditanyain, tanya aja lewat komen atau bisa email aku di denti.rizki@gmail.com


No comments:

Post a Comment

Blog ini hanya memperbolehkan berkomentar dengan santun . Blog ini memperbolehkan anda untuk mempromosikan blog anda di komentar ini . Karena saya akan berkunjung balik ke blog anda . Mohon jangan menulis spam . Terima kasih

 
Images by Freepik